Selasa, 21 Desember 2021

Perkembangan Teknologi dan Kaitannya dengan Tujuan Pembelajaran

 

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MENDUKUNG TERCAPAINYA TUJUAN PEMBELAJARAN

Perkembangan teknologi mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Hal itu memberikan pengaruh positif diantaranya,

1.       Sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak Perkembangan teknologi memunculkan media massa khususnya media elektronik seperti jaringan internet, media online, laboratorium komputer di sekolah. Semua itu sangat membantu baik bagi pendidik maupun peserta didik dalam pelaksanaan proses dan tujuan pembelajaran.

2.       Dampak dari hal ini adalah guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap informasi yang disampaikan oleh guru. Siswa bisa mengakses materi pelajaran langsung dari internet. Oleh karena itu, guru bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing siswa dalam kegiatan pembelajaran.

3.       Proses pembelajaraan menjadi efektif dan efisien. Perkembangan teknologi membuat Pembelajaran akan lebih efektif dan menarik. Hal tersebut dapat membantu guru dalam menyampaikan materi melalui media visual/audio visual, penggunaan waktu akan lebih efisien.

4.    Peningkatan Proses Pembelajaran. Perkembangan teknologi seperti kamera digital, proyektor, perangkat lunak, komputer, presentasi PowerPoint, alat visualisasi 3D, semua ini telah menjadi sumber daya besar bagi guru untuk membantu siswa untuk memahami konsep dengan mudah. Harus dipahami bahwa penjelasan visual dari konsep akan membuat proses belajar lebih bervariasi. Mereka dapat lebih berpartisipasi dalam kelas dan bahkan guru mendapatkan kesempatan untuk membuat kelas mereka lebih interaktif dan menarik.

Dari semua dampak positif tersebut, jelas perkembangan teknologi mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TIDAK MENDUKUNG TERCAPAINYA TUJUAN PEMBELAJARAN

Perkembangan teknologi tidak mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Hal itu memberikan pengaruh negatif diantaranya.

1.       Perkembangan teknologi (misalnya internet) memberikan kemudahan akses bagi siswa. Siswa yang tidak bisa memanfaatkan internet justru akan terlena dan menyebabkan siswa tidak fokus terhadap tujuan belajar.

2.       Pemanfaatan teknologi, seperti penggunaan gadget, laptop dengan jaringan internet, cenderung membuat siswa menjadi pribadi yang malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang hanya menghabiskan waktu untuk mencari kesenangan semata (seperti bermain game online, facebook, youtube, instagram, twitter,Tik Tok, dan lain-lain) bukan untuk menambah pengetahuan, yang semuanya itu akan berpengaruh terhadap minat belajar siswa.

3.    Malas. Teknologi membuat siswa kurang produktif dan malas. Sebuah keyakinan bahwa mesin pencari selalu ada, telah membuat siswa tidak sabar. Mereka hanya melakukan copy paste informasi untuk menyelesaikan tugas dengan cepat.

4.    Curang. Perkembangan teknologi seperti kalkulator grafik, jam tangan berteknologi tinggi, kamera mini, handphone dan peralatan serupa telah menjadi sumber untuk berbuat curang dalam ujian. Hal ini lebih mudah bagi siswa untuk menulis rumus dan catatan pada kalkulator grafik.

5.    Kurang fokus. SMS atau pesan singkat telah menjadi hobi favorit banyak siswa. Siswa terlihat bermain dengan ponsel mereka siang dan malam, bahkan saat berada dalam kelas. Menjadi selalu terhubung ke dunia online telah mengakibatkan kurangnya fokus dan konsentrasi di bidang akademik, bahkan dalam olahraga dan kegiatan ekstra kurikuler. Hal ini tentu tidak mungkin untuk membaca atau belajar pelajaran yang sulit pada saat yang sama saat chatting dengan teman, tetap login medis sosial dan atau saat bermain game.

Dari semua dampak negatif tersebut, jelas perkembangan teknologi tidak mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar