Jumat, 18 September 2020

Contoh Soal Survei Karakter

 Contoh Soal Survei Karakter 


Bacalah soal berikut dengan cermat!

1. Di masa sekarang ini orang harus memiliki keterampilan agar mampu bersaing. Orang yang berpendidikan pun juga dituntut demikian. Salah satu keterampilan yang diharapkan bagi warga Indonesia adalah ketereampilan berwirausaha. Namun, mendirikan usaha memerlukan modal yang tidak sedikit, sehingga hanya orang kaya sajalah yang bisa mendirikan usaha. 

Setujukan Anda dengan pernyataan tersebut? Apa alasannya? 

A. Tidak setuju.  Karena usaha dapat dimulai dengan modal kecil dulu. Atau bisa juga dengan mencari investor. 

B. Setuju, karena tindakan awal untuk berwirausaha adalah mengumpulkan modal dan mengumpulkan modal bukanlah hal yang mudah. 

C. Tidak setuju, karena mencari modal bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan meminjam uang di bank. Bisa juga dengan mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

D. Setuju, karena berwirausaha di jaman sekarang tidak mudah. Pelaku usaha sudah sangat banyak. Banyak juga yang gulung tikar. Jadi jika mau berwirausaha harus perlu modal banyak agar bisa bersaing. 

E. Ragu-ragu, berwira usaha butuh modal, modal bisa dilakukan dengan mencari investor. Namun, mencari investor di jaman sekarang sulit. 


2. Orang yang berwira usaha haruslah fokus dan cermat dalam mengamati kebutuhan pasar. Jika pelaku usaha bisa bersikap demikian, keuntungan akan lebih mudah didapat. Selain itu, kecermatan dalam mengamati saingan juga penting, agar usaha yang dijalankan bisa sukses. Pemerintah saat ini menggalakan program yang mendukung untuk menumbuhkan jiwa-jiwa berwirausaha bagi warganya. Hal itu dilakukan karena menjadi wirausahawan juga berarti membantu negara. Mengapa demikian?

A. Negara memerlukan pelaku ekonomi agar bisa memajukan perekonimian negara.

B. Kita bisa membantu masyarakat yang kurang mampu dari segi ekonomi.

C. Membuka lapangan kerja dan membayar pajak. 

D. Membantu negara dalam memenuhi kebutuhan warganya, seperti kebutuhan sandang, papan, pangan, dsb. 

E. Berwirausaha memanglah tindakan yang tepat pada masa sekarang ini, agar Indonesia tidak tertinggal dari negara lain. 


3. Saat seseorang telah mendapatkan dukungan modal dan siap terjun ke dunia usaha, maka orang tersebut harus menekuni di satu bidang usaha. Terlebih lagi jika orang tersebut merupakan pemula. Banyak hal-hal yang harus dipelajari bagi pelaku usaha pemula agar bisa eksis dan bersaing dengan yang lain. Pelaku usaha pemula bisa belajar melalui seminar, buku-buku penunjang usaha, atau belajar dari pelaku saha yang lebih senior. Selain itu dengan kemajuan era sekarang, pelaku usaha pemula juga bisa memanfaatkan internet sebagai media belajar yang murah, efektif, dan efisien. Tambah lagi, selain membekali dengan soft skill untuk menunjang wira usaha, sikap dalam berwirausaha juga perlu diperhatikan. Salah satunya sikap jujur. Seorang wirausahawan harus jujur. Mengapa demikian? 

A. Dengan jujur, orang akan percaya, karena percaya orang mau menggunakan produk/jasa kita. 

B. Jujur adalah sikap terpuji yang harus dilakukan oleh semua orang, baik itu pelaku usaha atau orang yang tidak berwirausaha. 

C. Jika tidak jujur maka akan mengajarkan seseorang bersikap tidak profesional dan merugikan diri sendiri serta orang lain. 

D. Wirausahawan yang jujur akan memberikan keuntungan tersendiri, baik untung segi material dan keuntungan dari segi moral. 

E. Sikap jujur berbanding lurus dengan tujuan dalam berwirausahan dan memberikan kepuasan bagi customer. 


Berikan komentar terhadap tawaran/ajakan berikut!

1) Kita tahu bahwa harga sepeda motor baru on the road sekitar Rp18.000.000. Suatu ketika ada seorang teman Anda datang dan menawari motor bodong (tanpa BPKB dan STNK) yang masih baru, harganya cuma Rp2.500.000. "Kalau dijual lagi Rp5.000.000, masih sangat laku, jadi untungnya lumayan," kata teman Anda. 

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

2) Seseorang datang kepada Anda dan mengajak ikut arisan sepeda motor. Jika Anda ikut, dijanjikan bisa mendapat sepeda motor baru dengan hanya setor Rp2 juta saja. Syaratnya, Anda harus merekrut peserta baru sebanyak 8 orang. 

…………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………...

………………………………………………………………………………………………...


3) Jika orang tuamu membuat makanan dengan menggunakan bahan pengawet formalin dengan  alasannya agar kalau tidak habis, makanan tidak basi. Apa yang akan Anda lakukan terhadap orang tua Anda?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………



0 komentar:

Posting Komentar